Info Inspiratif Seputar Jabar

KILOMETER 0 BANDUNG : Memulai Perjalanan yang Panjang dari Titik Pusat Kesengsaraan

0

BANDUNG-Tugu 0 KM Bandung menjadi saksi perkembangan kota kembang dari masa ke masa. Sejak era kolonial hingga saat ini, tapi sayang dibalik perkembangan itu didalamnya menyimpan cerita duka yang kelam.

Saksi Bisu dari Tragedi dan Penderitaan. Kilometer 0 Bandung, sebuah titik yang mengandung luka dan kenangan yang mendalam dari masa lalu yang kelam. Di tempat ini, terpahat dalam ingatan kolektif, terjadinya tragedi yang mengguncang hati banyak orang. sebuah titik yang mengungkap cerita perjuangan dan ketahanan rakyat dalam menghadapi cobaan yang melanda kota ini. Di tempat ini, terdapat monumen yang menjadi simbol semangat dan kegigihan dalam menghadapi tantangan yang berat.

Titik kilometer 0 Bandung bertempat di Jl. Asia Afrika, tepatnya didepan gedung Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Privinsi Jawa Barat, disana juga banyak bangunan-bangunan sejarah yang menjadikan saksi bisu pembangunan sebuah kota. Hotel Savoy dan Gedung Merdeka menjadi bangunan sejarah yang menjadi tonggak terbangunya kota Kembang. Titik kilometer 0 Bandung juga meruapakan sebuah peringatan atas terjadinya peristiwa kelam yaag melibatkan rakyat Jawa Barat atas kekejaman para petinggi Belanda yang menyiksa mereka, dengan kerja paksa.

Begitu mendekat terlihat sebuah prasasti yang diberi judul “Prasaati Bandoeng 0”.Dalam prasasti tersebut dikisahkan “Herman .Williem. Deandles, Gubernur Jendral (1808-1811) yang ditugaskan oleh pemerintah Hindia Belanda, mengemban tugas yaitu membangun Jalan raya Pos dari Anyer, Banten sampai ke panarukan, Jawa Timur. Tujuan utama Membangun jalan raya pos tersebut untuk memperlanacar komunkasi antar daerah dalam rangka memperkuat pertahanan di jalan raya.

Monumen sebagai penanda berharga dalam sejarah, memainkan peran yang tak ternilai dalam melacak dan meneruskan seriap moment penting yang telah terjadi. Seperti juga peran yang di ambil olwh H.W. Deandles dalam proses kelahiran Kota Bandung, ambisinya bagai helai benang yang menghubungkan pulau Jawa, membangun jalan yang diabadikan dengan nama Grote Postweg.

Wawancara,

Gubernur Jendral Belanda Herman Williem Deandles pada tahun 1810 bersama Wiranakusumah II, mendatangani hutan yang akan di buat jalan yang nantinya mempekerjakan rakyat Jawa Barat atau dikenal dengan kerja paksa. Deandles menancapkan tongkat di titik kilomer 0 tersebut seraya mengatakan, “Zorg, dat als ik gebouwd, artinya “usahakan, jika aku kembali ke sini, di daerah ini telah di bangun sebuah kota.

Seteleah berselang beberapa hari, Bupati Bandung Wiranakusumah Akhirnya mendapatkan mandat untuk memindahkan ibu kota kabupaten dari Krapyak ke sisi Grote Posweg. Tempat tersebut adalah tempat yang telah  di tancapkan sebuah kayu oleh Deandles. Tanggal 25 September 1810 menjadi tanggal yang sangat spesial karena di tanggal tersebut juga menjadi cikal bakal dari lahirnya kota Bandung.

Dalam rangka membangun jalan Raya Pos Anyer-Penarukan yang mengukir sejauh seribu kilometer, Deandles menggelar kerja paksa dengan kejamnya. Banyak kabar beredar kisah tragis melanda para pekerja yang mayoritas berasal dari masyarakat Sunda. Mereka terkapar tak berdaya, terkulai oleh kelelahan yang mematikan. Kisal pilu juga beredar bahwa para pekerja menghembuskan napas terakhirnya tidak diberikan penguburan yang sepantasnya dilupakan tanpa penghormatan.

Monumen tersebut kemudian di resmikan pada 18 Mei 2004 oleh Gubernur Jawa barat, H. Danny Setiawan, Tugu kilometer 0 bandung didedikasikan untuk mereka rakyat Jawa Barat. Mereka korban kerja paksa atas terbangunnya jalan yang menghubungkan jalan raya pos dari Anyer, Banten sampai Penarukan. Selain itu betapa pentingnya sejarah kelam pada titik kilometer ini diperkuat dengan adanya empat patung tokoh pemimpin pada masa itu. Soekarno sebagai Presiden Pertama Indonesia, Deandles sebagai Gubernur Belanda, Mas Soetardjo Kartohadikusumo sebagai Gubernur Jawa Barat, dan Wiranatakusumah sebagai Bupati Bandung pada masa itu. ( Arif Sutrisna SPI 6A )

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Solverwp- WordPress Theme and Plugin