Info Inspiratif Seputar Jabar

Rekayasa Nyata Stasiun Thomas and Friends pada Stasiun Remise

0

REMISE, Sebutan bagi stasiun lokomotif bersejarah yang ada di pabrik gula Jatibarang Brebes. Jika digambarkan, stasiun lokomotif ini sangat mirip dengan stasiun lokomotif yang ada di kartun Thomas and friend. Khayalan yang ada di kartun Thomas and Friend bisa kita lihat secara nyata ketika kita melihat stasiun remise.

Stasiun Remise di Pabrik Gula Jatibarang Brebes, yang sebelumnya dianggap sebagai bangunan kuno yang berfungsi untuk perawatan dan perbaikan kereta, ternyata menyimpan jejak sejarah yang menghubungkan masa lalu industri gula dengan perkembangan transportasi pada masa itu. Penemuan ini memperkuat fakta bahwa pabrik gula Jatibarang Brebes memiliki warisan budaya yang kaya dan penting untuk dilestarikan.

“ Fungsi Remise itu diantaranya untuk tempat peristirahatan loko serta perawatannya” Ujar Wijanarto(50) Kepala staf sejarah Brebes. Stasiun Remise merupakan suatu wadah atau tempat berkumpulnya loko baik uap maupun diesel bisa juga disebut garasinya loko. Arsitektur bangunan ini dari belanda serta masih kokoh asli sampai sekarang. Stasiun Remise ini konon katanyasalahsatu yang terbesar dan termegah dibanding dengan pabrik gula lainya.

“Stasiun Remise ini menjadi bukti kejayaan industri gula pada waktu itu yang sudah memakai transportasi kereta api” Ujar Wijanarto(50) . Dibalik keindahan serta kemegahan stasiun remise ini menjadi saksi bisu kemajuan industri waktu itu. Stasiun remise menjadi salah satu yang tertua di Indonesia.

Menurut Wijanarto,Stasiun Remise ini termasuk yang paling indah dibandingkan dengan yang lain. Sampai sekarang kondisi stasiun Remise ini masih sangat baik dan kokoh. Letak stasiun Remise menghadap ke timur dengan Sembilan pintu masuk untuk loko,serta bisa menampung sepuluh loko atau lebih sekaligus.

“Pabrik gula Jatibarang sudah tidak beroprasi lagi sejak 6 tahun silam sehingga remise juga tidak beroprasi” Ujar Wijanarto. Sekarang stasiun Remise ini menjadi wisata sejarah yang ada di brebes. Biasanya pengunjung ramai berdatangan pada hari sabtu dan minggu. Keindahan Remise ini mengundang banyak wisatawan baik ingin menikmati keindahanya ataupun ingin mengetahui sejarahnya.

“Dari penuturan turis asal Jepang yang pernah berkunjung kesini,arsitektur bangunan remise ini hanya ada dua di dunia, salah satunya di PG Jatibarang ini.” Ujar Wijanarto. Tdak bisa dipungkiri, keindahan arsitekturnya ini yang membuat orang-orang tertarik mengunjungi remise ini,ditambah kemiripanya dengan stasiun lokomotif yang ada dikartun Thomas and Friend.

Wisatawan juga boleh mengabadikannya dengan hunting foto vintage nan futuristik di area stasiun remise serta dari mesin-mesin kuno yang sudah terbengkalai. Di area stasiun Remise banyak spot foto yang Instagramable banget di tempat wisata PG Jatibarang ini dan pastinya bisa menjadikan momen yang mengesankan.

Biaya yang dikeluarkan bagi para pengunjung untuk menikmati keindahan Remise ini hanya dikenakan lima ribu rupiah sudah beserta tempat yang lainnya juga seperti taman besaran indah. Hal ini sangat cocok untuk keluarga atapun para pelajar yang ingin berwisata dengan tempat yang indah serta berkaitan dengan sejarah.

Semenjak dibukanya wisata heritage di kawasan pabrik gula jatibarang ini,daya tarik utama dari pengunjung adalah stasiun Remise ini. Banyak hasil foto dari para pengunjung yang kemudian di uploud ke media sosial menjadi viral terutama dikawasan Brebes itu sendiri. Dengan menyuguhkan suasana tempo dulu, stasiun remise menjadi tempat yang ikonik bagi masyarakat jatibarang ini.(Zidan Subhi SPI E)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Solverwp- WordPress Theme and Plugin