Info Inspiratif Seputar Jabar

SURGA PARA PENCINTA IKAN

0

BANDUNG-Jika kalian sedang berada disekitar kawasan Moh.Toha, kalian dapat berkunjung untuk melihat-lihat ikan di pasar ini. Ada beragam jenis ikan mulai dari ikan murah seperti ikan nila hingga jenis ikan mahal seperti ikan nirwana dijual di sini. Tak perlu khawatir kehabisan sebab ada banyak ikan yang dijajakan dan yang perlu diingat, ikan disini sangatlah murah meriah.

Bagi pecinta ikan hias di Bandung pasar ini mungkin sudah tak asing lagi. Beragam ikan hias mulai dari perairan tawar sampai asin dijajakan oleh para pedagang. Pasar ini menjadi salah satu surga bagi para penggemar ikan. Bukan hanya karena terdapat berbagai jenis ikan didalamnya, tetapi  juga karena ikan-ikan di pasar ini sangat ramah di kantong.

Ikan merupakan salah satu hewan yang paling sering dijadikan peliharaan. Perawatan ikan tidaklah sulit, pakannya pun tak mahal. Sejak covid-19 melanda, mengoleksi ikan hias menjadi salah satu hobby yang digandrungi oleh sebagian masyarakat. Selain dapat menghilangkan rasa suntuk karena berdiam diri di rumah, melihat ikan juga dapat menjadi salah satu hiburan untuk menghilangkan stress dari kegiatan kantor atau sekolah yang menyesakkan.  Sampai saat ini, memelihara ikan hias menjadi trend baru dikalangan masyarakat.

Di pinggiran kota Bandung, tepatnya di Jln. Peta ada sebuah pasar ikan yang ramai dikunjungi sebab harganya yang murah meriah. Pasar ini disebut juga Pasar Ikan Muara. Nama muara sendiri diambil dari nama perumahan warga yang terletak tak jauh dari situ. Pasar ini terletak di dekat Lapangan Tegal Lega dan Museum Sri Baduga, sehingga para pembeli juga dapat sekaligus berjalan-jalan sambil menikmati suasana kota Bandung. Pasar ini cukup strategis dan dapat dijangkau melalui kendaraan umum maupun pribadi.

Di sepanjang Jl. Peta para pedagang membuka lapak dan toko untuk menjajakan jualannya. Mereka memasang aquarium besar dan bahkan kolam buatan untuk menyimpan ikan-ikan mereka. Selain menggunakan aquarium, mereka juga menggantung ikan-ikan itu didalam plastik bening agar pembeli mudah memilihnya. Rata-rata penjual di sini mematok harga ikan perekor atau perbungkusnya. Harga yang ditawarkan pun bervariatif dilihat dari jenis dan besaran ikan yang dijual.

Mulai dari Rp. 5000 kita sudah dapat membawa sejumlah ikan untuk dibawa pulang. Selain ikan hias, di pasar ini juga menjajakan ikan tawar untuk dikembang biakan. Seperti ikan emas, ikan nila, ikan lele, dan masih banyak lagi. Harga yang ditawarkan pun tidak membuat kantong kita kering. Kita bisa membelinya secara grosir ataupun satuan. Jika ingin membeli ikan hias yang lebih bagus dan berkelas, kita dapat merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkannya.

“Saya sering beli disini, ikan nya murah, bagus bagus lagi” (Isak, 49) jawab salah satu pembeli yang saya temui saat berkunjung ke pasar. Memang harga murah selalu menjadi incaran masyarakat apalagi jika dibarengi dengan kualitas yang bagus. “disini tuh banyak pilihan, dari cupang sampai arwana juga ada, kuda laut aja ada, bikin kalap belanja” ujar seorang remaja wanita (Asmahan, 23). Yah.. pembeli disini berasal dari berbagai kalangan dari mulai anak muda hingga orang dewasa, dari pelajar hingga pekerja, bahkan tak jarang ada anak kecil yang berburu ikan bersama orang tua mereka disini.

Selain menjajakan ikan, disini juga terdapat biota laut lainnya seperti udang, lobster, kuda laut, penyu dan bahkan terumbu karang pun ada. Aksesoris kolam juga ada, dari batu kerikil hingga pompa air sirkulasi dijual disini. Jika kita belum mempunyai pakan ikan, di sini para pedagang juga menjualnya. Tak hanya itu, beragam ukuran aquarium juga ditawarkan dari yang berukuran kecil dan bisa ditenteng hingga yang besar untuk hiasan di dalam rumah ada disini. (Hasna Ridha Rafifah, SPI B)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Solverwp- WordPress Theme and Plugin